5 Skill yang Harus Dimiliki Tim Sales di Era Digital

1. Melakukan Digital Research

Dari awal, tujuan utama tim sales melakukan research adalah untuk menemukan, mengetahui dan memahami masalah target marketnya. Sampai akhirnya, tim sales menemukan sebuah solusi berupa produk yang akan menyelesaikan masalah para target marketnya. Pada dasarnya, sebuah tim sales bisa melakukan setidaknya research secara digital dan sosial. Alasannya sama, untuk mengetahui tren pasar dan peristiwa up to date. Dengan terus menerus mengamati target melalui sosial media atau berosialisasi secara langsung, kita dapat mengidentifikasi dan memprediksi perubahan apa saja yang mungkin terjadi pada market kita.

2. Kurasi Konten

kurasi konten adalah sebuah ekspresi online dari sesuatu yang sifatnya seperti manusia. Mengumpulkan dan membagikan hal menarik yang relevan dengan bisnis dan target audiencenya untuk mendapatkan keuntungan bersama.

Tim sales juga bisa ikut andil dalam pembuatan konten. Mereka bisa meminta tim konten untuk membuat sebuah konten yang sedang dibutuhkan atau topik terhangat. Keuntungan untuk pengunjung sosial media adalah mereka mendapat ilmu baru setelah membaca konten-konten yang disuguhkan. Keuntungan untuk perusahaan adalah bertambahnya pengunjung platform sosial media sehingga peluang menambah pembeli online juga bertambah.

Dengan adanya kurasi konten, tim sales akan dapat menghubungkan antara perusahaan dengan pelanggan. Menciptakan sebuah dialog atau diskusi sehingga perusahaan akan lebih banyak berinteraksi dengan pelanggannya.

 3. Keahlian Analisis

Tim sales yang bisa menganalisis perilaku pelanggan online memiliki keunggulan yang berbeda. Keterampilan yang satu ini wajib dimiliki oleh tim sales Anda. Dengan menguasai keterampilan yang satu ini, itu berarti tim sales Anda bisa menggunakan pendekatan proaktif untuk menjual produk atau layanan dari perusahaan Anda. Dengan mengevalusi perilaku penggunanya dengan hati-hati. Lebih mengerti dan memahami keinginan, kebutuhan dan solusi untuk masalah para pelanggannya. Informasi dari kegiatan evaluasi tersebut kemudian dimanfaatkan dengan baik untuk memaksimalkan kemampuan mereka.

4. Membangun Kepercayaan

Kepercayaan adalah kunci untuk membangun sebuah hubungan online. Calon pembeli biasanya akan mencari tahu informasi dan detail produk sebelum mereka memutuskan untuk membeli.

Tim sales harus memberikan informasi detail produk secara lengkap. Hal tersebut untuk menghindari kesalahpahaman dari pembeli. Namun yang terpenting adalah selain memberikan informasi pada customer, tim sales juga harus mendukung dan membimbing prospek mereka melalui layanan digital. Tidak hanya mengenai penjualan, tetapi bimbing customer Anda agar cepat melakukan action dari apa yang sudah disarankan.

5. Menjadi problem Solver

Setiap customer pasti memiliki masalah. Mereka pasti ingin menemukan solusi untuk menyelesaikan masalahnya tersebut. Cobalah untuk berkomunikasi dengan customer untuk menemukan apa keinginan terdalam dari audience Anda. Buat customer Anda merasa nyaman terlebih dulu dengan melontarkan beberapa obrolan hangat mengenai topik-topik terkini yang berhubungan. Jika Anda rasa sekarang sudah saatnya, berilah mereka kesempatan untuk menyampaikan semua masalahnya.

Pahami apa yang sedang dikeluhkan oleh customer Anda. Perhatikan cara bicaranya, intonasi hingga ke bahasa tubuh ketika customer Anda sedang bicara. Dengan diperhatikan, customer akan merasa dihargai. Di sisi lain, Anda juga bisa menyimpulkan tipe customer yang sedang ada di dekat Anda saat ini.

Kebutuhan akan digital IT sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, Bead IT Consultant merupakan pilihan tepat sebagai partner anda,kunjungi website kami dengan klik link ini : www.beadgrup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *